MENYAMBUT IDUL ADHA: MAHASISWA DAN MAHASISWI INSTIKA JURUSAN HES SEMESTER V ADAKAN BAKTI SOSIAL

INSTIKA Sabtu, 10 September 2016 12:32 WIB
1641x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk-Ganding - Instika - Idul Adha adalah Hari Raya Kurban bagi umat Islam.  Disebut Hari Raya Kurban karena hari raya ini tidak bisa dilepaskan dengan kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk mengorbankan anak yang paling dicintainya, Isma’il.

Sebagai hamba Tuhan, Nabi Ibrahim menjalankan perintah itu dengan penuh ketakwaan. Ini menjadi bukti bahwa Nabi Ibrahim mengutamakan nilai-nilai ketuhanan ketimbang keduniaan. Lantaran ketakwaannya yang besar itulah, Allah kemudian menggagalkan pengurbanan ikhlas seorang anak dengan seekor kambing yang halal untuk dikurbankan.

Kisah tersebut mengandung i’tibar atau pelajaran bagi umat Islam, yakni mengorbankan apa saja (jiwa, raga, dan harta) demi mewujudkan nilai-nilai ketuhanan, seperti berkorban untuk orang yang membutuhkan pertolongan.

I’tibar yang terdapat dalam Idul Adha  itulah dan dalam rangka menyambut datangnya Idul Adha, telah mendorong mahasiswa dan mahasiswi jurusan HES (Hukum Ekonomi Syariah) semester V, Fakultas Syari’ah, Instika, untuk mengadakan bakti sosial (Baksos) berupa memberikan bahan-bahan pokok untuk warga miskin. Bahan-bahan pokok yang diberikan itu, antara lain beras, gula pasir, dan minyak goreng.

“Yang menjadi sasaran bakti sosial ini adalah dua kecamatan: Guluk-Guluk dan Ganding. Dari dua kecamatan tersebut kami pilih 16 warga yang paling miskin untuk menerima bantuan sembako dari kami. Untuk mengetahui warga yang paling miskin kami bekerja sama dengan pemerintah setempat,” demikian ujar K. Ahmad Majdi Tsabit, S.E., M.M., selaku Kajur HES, yang ikut mendampingi mahasiswa dan mahasiswi HES dalam melaksanakan bakti sosial hari ini di Kecamatan Ganding (10/09/2016).

K. Ahmad Majdi Tsabit, yang sekarang menjabat Dekan Fakultas Eknomi Islam (fakultas baru di Instika) menuturkan bahwa beliau ditunjuk oleh mahasiswa HES V untuk mendampingi pelaksanaan bakti sosial itu karena acara tersebut direncanakan pada saat beliau masih menjabat kajur HES tiga bulan yang lalu.

Dana untuk melaksanakan bakti sosial tersebut dikumpulkan dari dana sukarela mahasiswa dan mahasiswi HES semester V tiga kelas. “Dana tersebut dikumpulkan kurang lebih sejak tiga bulan yang lalu, hasil dari sedekah teman-teman mahasiswa dan mahasiswi HES V sendiri,” tambahnya.

Saat ini, bakti sosial tahap 1 dilaksanakan di Ganding. “Sudah ada delapan warga miskin yang menerima bakti sosial dari kami. Tahap selanjutnya akan dilaksanakan di Guluk-Guluk,” ujarnya.

“Harapan besar dengan diadakannya bakti sosial untuk menyambut Idul Adha ini adalah mahasiswa dan mahasiswi terbiasa untuk tidak hanya memenuhi ego dan kebutuhan pribadinya, tetapi juga terbiasa untuk peduli dan sedikit mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan hartanya untuk membantu orang lain yang sangat membutuhkan pertolongan, seperti fakir miskin,” ungkapnya di saat rihat. (Masykur Arif/LP2D)