DOSEN INSTIKA JADI PESERTA 2nd AnCoMS 2018

INSTIKA Senin, 23 April 2018 10:12 WIB
218x ditampilkan Berita

Surabaya - INSTIKA - Pada kegiatan 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS), Sabtu sampai Ahad (21-22/4/2018),  yang diadakan Kopertais Wilayah IV Surabaya, dosen Intitut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep kembali menjadi peserta aktif acara tersebut.

Dosen INSTIKA yang artikelnya lolos seleksi sehinga menjadi peserta aktif di acara itu, adalah, pertama, Mahmudi MFilI. Dosen Fakultas Ushuluddin INSTIKA ini menulis artikel berjudul “Islam Moderat sebagai Penangkal Radikalisme (Studi terhadap Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Quraish Shihab).”

Kedua, Ulya Fikriyati Lc MAg yang juga dosen Fakultas Ushuluddin ini menulis artikel dengan judul “Menggagas Tafsir Harmonis di Indonesia; Reinterpretasi QS. Āli ‘Imrān [3]: 110 dalam Perspektif Psikologi.”

Ketiga, Zaitur Rahem MPdI. Dosen Fakultas Tarbiyah INSTIKA ini menulis artikel berjudul “Melacak Ajaran Multikultural pada Lembaga Pendidikan Islam Tradisional Kobhung/Langger Masyarakat Madura.”

Pada acara itu, dosen INSTIKA dan peserta dari lembaga pendidikan lain mempresentasikan artikelnya pada kluster masing-masing. “Saya dan Ibu Ulya Fikriyati presentasi di kluster Pemikiran Islam, sementara pak Zaitur presentasi di kluster Pendidikan Islam,” kata Mahmudi kaprodi Tasawuf dan Psikoterapi ini.

Acara bertema ‘Strengthening the Moderate Vision of Indonesian Islam’ itu dihadiri Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag Arskal Salim, sebagai keynote speech. Juga dihadiri Senior Lecturer at the Faculty of Law, Monash University Nadirsyah Hosen, dan Guru Besar UII Yogyakarta Mahfud MD, sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Menurut Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya Prof Dr H. Abd A’la, MAg, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini sangat penting untuk menumbuhkan keberagamaan Islam yang moderat. “Mudah-mudahan kita bisa mengembangkan Islam yang lita’arafu bukan lituqatilu,” harapnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)