MENYAMBUT RAMADAN: PUSKAFA FAKULTAS SYARIAH INSTIKA LAKUKAN OBSERVASI HILAL DI MENARA AL-HUSNA JAWA TENGAH

SYARI'AH Jumat, 18 Mei 2018 05:04 WIB
215x ditampilkan Berita

Semarang - INSTIKA - Untuk menambah pengetahuan di bidang rukyatul hilal dan menyambut bulan suci Ramadan, Pusat Kajian Falakiyah (PUSKAFA) Fakultas Syariah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep melakukan Observasi Hilal di Menara Al-Husna Masjid Agung Jawa Tengah, Rabu (16/5/2018).

“Kegiatan rukyatul hilal semacam ini memang dilaksanakan tiap tahun dengan lokasi yang berbeda untuk memperkaya pengalaman dalam melihat hilal dari berbagai lokasi,” kata Moh Jazuli M HI kaprodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) yang ikut mendampingi pengurus Puskafa dalam observasi hilal tersebut.

“Tujuan dari kegiatan Rukyatul Hilal ini adalah supaya mahasiswa bisa lebih memahami proses rukyatul hilal yang dilakukan oleh lembaga-lembaga rukyatul hilal yang ada di Indonesia,” sambungnya.

Selain bersama-sama menyaksikan proses rukyatul hilal di Menara Al-Husna, Puskafa juga melakukan kerjasama dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) Menara Al-Husna Masjid Agung Jawa Tengah.

“Kami melakukan kerjasama dalam kegiatan-kegiatan falakiyah. Diharapkan dengan kerjasama ini, Puskafa INSTIKA semakin maju,” jelas Ahmad Faidal MH, dosen pengampu materi Ilmu Falak yang juga ikut mendampingi kegiatan observasi itu.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)