MENRISTEKDIKTI RESMIKAN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI ANNUQAYAH

INSTIKA Selasa, 12 Juni 2018 19:41 WIB
607x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, Selasa sore (12/6/2018) meresmikan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep di Aula Asysyarqawi Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep.

Peresmian oleh Menristekdikti ini ditandai dengan pemberian Surat Keputusan (SK) Izin Operasional IST Annuqayah oleh Menristekdikti kepada Yayasan Annuqayah yang diterima oleh Dewan Masyaikh Annuqayah KH. Abd Muqsith Idris, yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pendirian IST Annuqayah.

Dalam sambutannya, Menristekdikti menyampaikan dengan diresmikannya IST Annuqayah diharapkan dapat melaksanakan pendidikan yang baik sehingga dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat Sumenep pada khususnya dan seluruh rakyat Indonesia pada umumnya.

“Mudah-mudahan menjadi perguruan tinggi yang dapat mendorong lahirnya manusia-manusia yang berkualitas,” harapnya.

Pembelajaran yang baik, katanya, adalah pembelajaran yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan kejujuran. “Tidak kuliah dapat ijazah, itu hukumnya haram,” tegasnya. Hal ini, imbuhnya, tidak boleh dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan.

Oleh karena itu, Menristekdikti mengharapkan IST Annuqayah dapat menjadi perguruan tinggi terbaik. “5 tahun kedepan, IST Annuqayah akan menjadi pilihan terbaik warga Sumenep dan sekitarnya,” ujarnya meyakinkan.

IST Annuqayah yang diresmikan ini terdiri dari 3 fakultas, yakni (1) Fakultas MIPA dengan 3 prodi; 1 Prodi Biologi, 2 Prodi Kimia, 3 Prodi Matematika. (2) Fakultas Taknik dengan 2 prodi; 1 Prodi Teknologi Informasi, 2 Prodi Teknik Sipil. (3) Fakultas Pertanian dengan 1 prodi yakni Prodi Teknologi Hasil Pertanian.

Dalam peresmian ini, hadir Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya Prof Dr KH. Abd A’la yang sekaligus memberikan sambutan atas nama Dewan Masyaikh Annuqayah, Koordinator Kopertis VII Prof Suprapto, Bupati Sumenep K. Busyro Karim, seluruh ulama’ se-Sumenep, pimpinan perguruan tinggi se-Madura, santri dan alumni, serta simpatisan Annuqayah.

Acara peresmian ini diakhiri dengan doa oleh KH. Abd Muqsith Idris dan buka bersama seluruh undangan. Sementara Menristekdikti beserta rombongan melakukan ramah-tamah dan buka bersama dengan Masyaikh Annuqayah.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)