PRAMUKA INSTIKA IKUTI RAIDA XIII JAWA TIMUR 2018

INSTIKA Ahad, 30 September 2018 20:00 WIB
188x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Wakil Rektor III Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, K. H. A. Washil Hasyim, M.Pd., dan Ketua Gudep 08.171, Muizzi, melepas keberangkatan kontingen Pramuka INSTIKA ke acara Raimuna Daerah (Raida) XIII, Bumi Perkemahan Kosambiwojo, Jombang , Jawa Timur, Sabtu (29/09/2018).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III berpesan supaya anggota pramuka menjaga nama baik almamater tercinta. “Buatlah INSTIKA bangga. Teruslah berusaha. Ciri anak pramuka adalah selalu tegar menghadapi masalah,” katanya.

Sementara itu, Muizzi, sebagai pembina, mengatakan bahwa keikutsertaan gudep 08.171 pada Raida  kali ini merupakan wujud komitmen yang tinggi dari Gerakan Pramuka. Ia juga berpesan supaya meluruskan niat, meningkatkan semangat, dan menunjukkan nilai-nilai kesantrian. “Karena selain anggota pramuka, kalian juga adalah santri,” tegasnya. Ia juga mengingatkan, supaya menimba ilmu sebanyak mungkin pada Raida tahun ini sehingga bisa diberikan kepada generasi selanjutnya.”

 Dalam kesempatan itu, Muizzi juga menjelaskan tentang Raimuna Daerah. Bahwasanya, Raida merupakan kegiatan pramuka khusus Penegak dan Pandega yang kemudian bergabung dalam kegiatan Perppanitra (Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Putra Putri) se Jawa Timur. Kegiatan ini, lanjutnya, diselenggarakan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka setiap 5 (lima) tahun sekali. “Tujuannya adalah untuk mewujudkan Revitalisasi Gerakan Pramuka yang dicanangkan oleh Presiden RI selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka,” terangnya.

Pelepasan Peserta Raida XIII Tahun 2018 ditandai dengan penyerahan Bendera Kontingen oleh Ketua Gudep, Muizzi, ke ketua kontingen Pramuka INSTIKA, yakni Ainul Yaqin.

Penulis: Ahmad Zaini (Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah INSTIKA)

Editor: Masykur Arif (LP2D)