FEBI BEKALI MAHASISWA SEBELUM MENJALANI PRAKTIKUM

FEBI Senin, 1 Oktober 2018 09:19 WIB
140x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA - Setelah kuliah, mahasiswa akan menghadapi dunia kerja. Karena itu, diperlukan bekal yang cukup untuk menghadapinya. Dalam hal ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep melaksanakan kegiatan Pelepasan dan Pembekalan Praktikum Entrepreneurship dan Lembaga Keuangan Syariah khusus mahasiswa program studi Ekonomi Syariah (ES), Ahad (30/9/2018), di Aula Asysyarqawi.

Jumlah mahasiswa ES yang akan mengikuti praktikum tahun ini tercatat 204 mahasiswa, dengan rincian; putra 84 orang dan putri 120 orang. Semua peserta ini dibagi menjadi 60 kelompok dan disebar di 31 lokasi, yakni di kantor-kantor cabang BMT, BPRS, MES, dan di lembaga-lembaga keuangan syariah lainnya, serta di tempat-tempat usaha.

“Tujuan acara ini adalah memberikan kemampuan mahasiswa agar siap terjun dalam dunia kerja,” kata ketua prodi ES, Maksum M.E.I. Diharapkan, setelah pembekalan mahasiswa bisa lebih paham dengan apa yang akan dikerjakannya di tempat praktikum.

Dekan FEBI, Ahmad Majdi Tsabit, S.EI., M.M., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang hadir pada acara itu. Ia berpesan supaya mahasiswa serius dalam mengikuti praktikum. Menurutnya, agar sukses mengikuti praktikum, dibutuhkan tiga modal. Pertama, harus kreatif. Kedua, bisa membuka jaringan baru di tempat praktik. Dan ketiga, harus percaya diri selama menjalani praktikum. “Dengan tiga modal ini, insyaallah kalian akan sukses,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr. H. Ach. Maimun, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan pesan, di antaranya, mahasiswa yang mengikuti praktikum hendakanya menjaga nama baik INSTIKA di mana pun ia berada. Selanjutnya, di tempat praktik mahasiswa dituntut mampu membaca peluang untuk meraih kesuksesan. Demikian juga, mahasiswa harus bermental pengusaha yang memiliki usaha sendiri, bukan bermental karyawan yang selalu tergantung pada orang lain. “Lebih baik menggaji satu juta kepada seseorang, daripada mendapat gaji lima juta tapi jadi karyawan,” terangnya.

Dalam kegiatan pembekalan itu, Fayyad Zainal Abidin, M.E., Sekretaris Jenderal Pengurus Daerah (PD) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumenep, menyampaikan tentang peran dan perkembangan ekonomi syariah. Nurul Huda, M.M., Koordinator Bidang Bisnis & Investasi PD MES, menjelaskan tentang strategi yang perlu dipersiapakan ketika menjalani praktikum. Affan Riadi, Wakil Ketua I PD MES, memberikan motivasi dan arahan dalam memasuki dunia kerja. Dan, Maksum, M.E.I., Kaprodi ES menjelaskan persoalan teknis di lapangan.

Acara pelepasan dan pembekalan praktikum yang dimulai sekitar pukul 1:00 WIB ini berakhir sekitar pukul 15:00 WIB.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)