Di Masa New Normal INSTIKA Laksanakan Program KKN Dari Rumah

INSTIKA Kamis, 23 Juli 2020 13:07 WIB
186x ditampilkan Berita

Guluk-GulukINSTIKA - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa. Di masa New Normal, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep melaksanakan KKN Dari Rumah (KKN-DR).

Rektor Drs KH Ah Syamli MPdI mengatakan, INSTIKA tahun 2020 di masa pandemi ini melaksanakan KKN-DR. Tujuannya adalah menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat dan mahasiswa yang menjadi peserta KKN.

"Saya berharap pelaksanaan KKN tahun ini tetap memperhatikan kondisi kesehatan mahasiswa dan masyarakat," terangnya di hadapan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang mengikuti sosialisasi petunjuk teknis pelaksanaan KKN-DR, Kamis (23/7/2020), di Ruang Pertemuan INSTIKA.

Karena itu, rektor mengimbau kepada seluruh DPL untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan kampus. Demikian juga, dikatakannya, DPL diharapkan memberikan saran kepada mahasiswa untuk juga mensosialisasikan protokol kesehatan di masa New Normal kepada masyarakat di tempat KKN.

"DPL dan mahasiswa tetap memakai masker dan melakukan physical distancing di tempat pelaksanaan KKN," katanya.

Sementara itu, wakil rektor 1 Dr H Damanhuri MAg, menyampaikan kebijakan KKN-DR di masa pandemi. Dijelaskannya bahwa regulasi pelaksanaan KKN-DR sesuai dengan arahan  pemerintah dan maklumat Pondok Pesantren Annuqayah serta surat edaran Rektor.

"Jadi pelaksanaan KKN di masa Pandemi ini, sesuai aturan yang berlaku, baik di tingkat pemerintah maupun pondok pesantren," jelasnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan KKN Dari Rumah terdiri dari dua bentuk, yaitu berupa riset dan kerja sosial. Riset dan kerja sosial ini, katanya, sama-sama dijalankan pada program KKN tahun ini.

WR 1 juga mengungkapkan jumlah peserta KKN. Tahun 2020 ini jumlah peserta KKN sebanyak 720 orang. Putra berjumlah 317 dan yang putri berjumlah 403.

Untuk waktu pelaksanaan, pihak penyelenggara Kepala LP2M Paisun MPd menjelaskan, KKN-DR akan berlangsung mulai tanggal 5 sampai 31 Agustus 2020.

"Tempat pelaksanaan KKN disesuaikan dengan tempat mukim peserta. Jika peserta tinggal di pondok, maka ia melaksanakan KKN di pondok. Dan, peserta yang tidak mondok, melaksanakan KKN sesuai asal daerahnya masing-masing," jelas Paisun.

Demikian juga pemilihan DPL disesuaikan dengan asal daerah mahasiswa. Dicontohkannya mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Guluk-Guluk, DPLnya juga dari Guluk-Guluk.

Mewakili seluruh panitia penyelenggara, Paisun mengharapkan pelaksanaan KKN-DR di masa Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar. Ia mengimbau mahasiswa dan DPL bisa melaksanakan KKN-DR sesuai dengan buku pedoman yang sudah diberikan. "Apabila ada yang belum dimengerti diharapkan untuk berkonsultasi pada panitia," katanya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)