Pergantian Pimpinan Mahasiswa, KBM Putri Gelar Pemilu Raya

INSTIKA Rabu, 29 September 2021 10:33 WIB
57x ditampilkan Headline Berita

Guluk-Guluk -  INSTIKA - Pengurus Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Putri Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep masa bakti 2020-2021 menggelar Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) pada Senin (27/9/2021) di halaman kampus putri. 

Tujuan kegiatan ini adalah memilih pemimpin baru pada seluruh KBM Putri untuk periode kepengurusan yang baru. "Sebenarnya kegiatan ini ingin dilaksanakan jauh-jauh hari tapi selalu tertunda karena pandemi," kata ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) putri, Siti Yuliana Agustini. 

PEMIRA tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Tahun sebelumnya hanya ada satu partai, tapi tahun ini ada dua partai yang ikut PEMIRA," ungkap Yuli.

Dua partai tersebut adalah partai Gerakan Optimisme Anti Radikal yang Demokratis (GOLDEM) dan partai Haluan Mahasiswa Islam Berdaulat (HAWAIB). "Adanya dua partai ini telah banyak menyedot mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan," ujar Yuli.

PEMIRA diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan mencoblos masing-masing partai yang di dalamnya ada kandidat ketua pada masing-masing KBM. 

Proses pencoblosan dan penghitungan surat suara berjalan dengan lancar. Hasil penghitungan surat suara yang dibacakan di depan mahasiswa itu menghasilkan: partai GOLDEM mengantongi 231 suara dan partai HAWAIB 89 suara. Sedangkan suara yang tidak sah terdapat 135 suara.

"Dari hasil penghitungan itu, maka calon ketua pada masing-masing KBM berasal dari partai yang menang, yakni partai GOLDEM," kata Yuli yang sebentar lagi akan menyerahkan jabatannya sebagai ketua DEMA kepada ketua DEMA INSTIKA Putri yang baru. 

Penulis: Elliyatul Munawarah (Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab) 
Editor: Masykur Arif