Prodi TP Laksanakan Pembekalan Praktikum Terapi Sufistik Tahun Akademik 2022/2023

USHULUDDIN Sabtu, 5 November 2022 10:56 WIB
273x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Program Studi (Prodi) Tasawuf dan Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep kembali akan melaksanakan Praktikum Terapi Sufistik untuk semester gasal tahun akademik 2022/2023.

Kegiatan praktikum akan berlangsung selama sekitar kurang lebih satu bulan, yakni pada November dan Desember 2022. Kegiatan praktikum diawali dengan kegiatan pembekalan mahasiswa, Rabu (02/11/2022).

Khusus mahasiswa (putra), pembekalan dilaksanakan di Aula Pertemuan INSTIKA dimulai pukul 10.30 WIB. Sedangkan khusus putri, pembekalan dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB di gedung KA.07.

Pembekalan diawali dengan pembukaan, lalu arahan disampaikan dekan Ushuluddin, Dr. Fathurrosyid, M. Th.I. Dalam penyampaiannya, dekan mengatakan bahwa kegiatan praktikum penting bagi mahasiswa agar ilmu yang didapatkan selama di kelas tidak berada pada menara gading. Artinya, perlu dipraktikkan agar bermanfaat bagi orang lain. Dekan juga mengapresiasi kaprodi dan panitia yang telah mempersiapkan kegiatan praktikum dengan baik.

Dari pihak prodi, Nuzulul Khair, MA., selaku ketua prodi TP mengatakan, kegiatan pembekalan dianggap penting agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang kegiatan praktikum sehingga bisa benar-benar berkontribusi pada lembaga masing-masing.

Dikabarkannya, jumlah peserta praktikum terapi sufistik tahun ini, 14 (putri) dan 18 (putra). Kegiatan praktikum melibatkan 8 lembaga mitra di bawah naungan Annuqayah, di antaranya; MA 1 Annuqayah Putra, MTs 1 Annuqayah Putri, SMK Annuqayah Putri, MA 1 Annuqayah Putri, MA 2 Annuqayah, SMA Annuqayah, MAT Annuqayah,  dan SMA 3 Annuqayah. Serta 1 lembaga mitra dari luar Annuqayah, yaitu SMK Nasyrul Ulum, Aengdake, Bluto.

Kegiatan praktikum juga melibatkan 9 DPL yang terdiri dari semua dosen tetap prodi TP dan 2 dosen tetap prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)