Bantuan Aplikasi dari Microsoft ke INSTIKA untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran dan Penelitian

INSTIKA Rabu, 15 Maret 2023 06:42 WIB
517x ditampilkan Galeri Headline Berita

Medan - INSTIKA - Sejak Selasa (7/3/2023) dini hari, pukul 03.00 Wib., pimpinan Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep bertolak menuju Medan, Sumatera Utara. Keberangkatan pimpinan ini untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Konferensi LPTNU (Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat LPTNU. Acara ini diselenggarakan di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan, Sumatera Utara, selama tiga hari, yaitu sejak Rabu sampai dengan Jum’at (8-10 Maret 2023).

Sebagai anggota dari LPTNU, INSTIKA selalu terlibat aktif dalam sejumlah kegiatan yang diselenggarakan oleh LPTNU. Adalah Rektor (Drs. K.H. Ah. Syamli, M.Pd.I.), Wakil Rektor II (Dr. K.H. Mohammad Hosnan, M. Pd.), dan Wakil Rektor III (K. M. Mushthafa, MA.), serta Wakil Dekan Tarbiyah (Dr. Ach. Khatib, M.Pd.I.) yang menghadiri perhelatan tingkat nasional ini.

Di hari pertama Rakernas, peserta dikejutkan dengan hadirnya Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia di arena Rakernas. Lebih mengejutkan lagi kedatangan Dharma Simorangkir adalah untuk menegaskan komitmen Microsoft Indonesia untuk bekerjasama dengan LPTNU dalam mendukung peningkatan mutu perguruan tinggi NU. Simorangkir menyatakan bahwa Microsoft berkomitmen berbagi dengan perguruan tinggi di bawah LPTNU sejumlah fasilitas yang dimiliki Microsoft guna meninggikan mutu pendidikan. Simorangkir menyebutkan: “Kami akan bekerjasama dengan LPTNU. Banyak fasilitas yang bisa dipakai secara cuma-cuma oleh PT-PT di LPTNU. Mulai Office 365, Microsoft Learn, sampai Satu Talenta,” tegasnya.

Fasilitas yang ditawarkan Microsoft ini disambut antusias oleh peserta Rakernas. INSTIKA termasuk yang sangat berkomitmen menyambut tawaran Microsoft ini untuk digunakan di INSTIKA guna meningkatkan mutu pendidikan. Wakil Rektor II, Dr. K.H. Mohammad Hosnan, M. Pd. menyatakan: “Ini perlu disambut oleh INSTIKA. Juga perlu sekali dimanfaatkan secara maksimal oleh kita. Tawaran Microsoft ini lengkap sekali, dari pembelajaran, perpustakaan, penelitian dosen, sampai pelatihan dan jembatan ke perusahaan untuk lulusan kita,” urainya.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia memang menawarkan 4 (empat) fasilitas yang luar biasa kepada INSTIKA sebagai anggota aktif LPTNU, yaitu: Office 365, Microsoft Learn, Founders Hub, dan Satu Talenta. Empat fasilitas ini memang sangat lengkap, dari pembelajaran, penelitian dosen, akses referensi yang luas, pelatihan kewirausahaan, dan “jembatan” lulusan INSTIKA yang sudah mendapatkan sertifikat pada pelatihan yang difasilitasi Microsoft ke perusahaan.

 Rakernas dan Konferensi LPTNU ini dibuka langsung oleh Ketua Umum PBNU, Dr (H.C.) KH. Yahya Cholil Staquf. Dihadiri juga, secara virtual, oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Badan Pembina Ideologi Pancasila hadir dan menjadi pembicara kunci, yaitu: Mensesneg (Prof. Dr. Praktikno, M. Soc., Sc), Mendikbud (Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.), dan Kepala BPIP (Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D).

Sejumlah pejabat di Kemendikbud dan Kemenag hadir dan menjadi pembicara juga dalam Rakernas ini. Demikian juga hadir Nila Maita Wiranggani, Perwakilan dari Bank Mandiri. Rakernas ini akan ditutup pada Jum’at, 10 Maret 2023. Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep merupakan anggota aktif LPTNU (Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama).

Penulis: Dr. Ach. Khatib, M. Pd.I | Editor: Masykur Arif, M. Hum