MODUL MICROTEACHING

LPMP Jumat, 5 April 2024 18:50 WIB
55x ditampilkan Download

Seperti kita ketahui, tugas utama kerasulan yang diemban Nabi Agung Muhammad saw. adalah menyampaikan risalah Islam yang terangkum dalam Alquran (al-Ma`idah: 67). Proses transfer dan internalisasi risalah ini kemudian menampilkan suatu pola strategi dan metode mendidik yang luar biasa kaya, dinamis, dan berdaya guna. Pola pendidikan ala Nabi yang sangat humanis yang terbukti mampu secara kuat dan mendalam mengguratkan alif-ya` pesan risalah ke dasar hati pribadi-pribadi masyarakat Arab masa itu.

إ ّن الله لم يَْبعثني ُمعَنِّّتا ولا ُمتعَنِّّتا، ولكن بعثني ُمعلّما وُمي ِّّسرا (الحديث)

Sebagai pendidik, Nabi menjadi uswah paripurna. Sebab teladan kependidikan Nabi ditampilkan dalam profil seorang manusia dengan berbagai predikatnya yang lengkap, yang mencakup hampir semua kalangan; seorang yatim, seorang pemuda, seorang yang memiliki istri dan keturunan, seorang yang merasakan kaya dan miskin, seorang yang merasakan hidup aman maupun terancam, seorang yang berkuasa maupun tertindas, seorang yang mengalami kemenangan maupun kekalahan, dan seterusnya.

Setiap kepingan fragmen hidup Nabi menampilkan tuntunan lengkap bagaimana menyikapi hidup dengan berbagai situasi dan problematikanya. Dapat dikatakan, seluruh sisi kehidupan Nabi adalah pelajaran dan pendidikan bagi segenap umat manusia.

Bukti catatan sejarah menunjukkan bahwa Nabi merupakan sosok pendidik terbaik. Sang Rasul Pendidik, al-Rasul al-Mu’allim dengan metode yang efisien, efektif dan sangat berkesan, secara menakjubkan telah mewujudkan capaian pendidikan paling berhasil dalam sejarah umat manusia; Menghapus kejahiliyahan masyarakat yang dikenal berwatak brutal, mengubahnya menjadi masyarakat paling beradab.

 

ُهَو ٱلَِّّذي بَعَ َث ِّفِ ٱألُِّّۡمَِّّي َر ُسولاا ِّّمأن ُه أم يَأتلُواْ َعلَأيِّه أم ءَايََٰتِِّّهۦ َويَُزّكِّيِّه أم َويُعَلُِّّمُه ُم ٱألكَِّٰتَ َب َوٱ ألحِّ أك َمةَ َوإِّن َكانُواْ ِّمن قَ أبلُ لَِّفي َضَٰلَل ُّمبِّي )(Qs. Al-Jumu’ah: 2

 

يقول معاوية بن الحكم: (ما رأي ُت ُمعلّما قبلَه ولا بْع َده أ ْح َس َن تعليما منه)، وفِ رواية أبي داود: (فما رأي ُت ُمعلّما قط أْرفَق ِّمن رسول الله صلى الله عليه وسلم).

 

Fakultas Tarbiyah Instika Guluk-Guluk Sumenep, sebagai salah satu pelayan utama pengemban amanat pendidikan Pondok Pesantren Annuqayah, memiliki misi mencetak pendidik yang cakap melalui racikan kurikulum yang diramu untuk mewujudkan kompetensi pedagogis mumpuni calon pendidik, dengan berdasar pada pola pendidikan profetik dan khazanah luhur kepesantrenan.

Salah satu komponen inti kurikulum dimaksud adalah mata kuliah Pembelajaran Mikro. Dan modul ini, sebagaimana lazimnya fungsi setiap buku ajar, sangat diharapkan dapat memudahkan dan mengoptimalkan setiap proses dan capaian tujuan pembelajaran mata kuliah tersebut.

Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya disampaikan kepada tim penyusun modul ini. Pada saat yang sama, Modul Microteaching ini merupakan selangkah konkretisasi upaya mewujudkan program kerja pembenahan dan penyempurnaan sistem pembelajaran Fakultas Tarbiyah Instika Guluk-Guluk Sumenep, khususnya dalam aspek instrumen pembelajaran, secara khusus buku ajar kuliah. Jazakumullah afdhala ma yajzi ‘ibadahu almukhlashin