Seminar Penelitian Etnografi, Bekali Mahasiswa TP Selesaikan Tugas Akhir

USHULUDDIN Sabtu, 4 November 2023 13:38 WIB
626x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Mahasiswa semester VII Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengikuti Pembekalan Praktikum Penelitian Tasawuf dan Launching Jurnal Living Sufism, Sabtu (04/11/2023), di Aula Kiai Abdul Basith INSTIKA.

Hadir dalam kegiatan itu Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. Fathurrosyid, M.Th.I., Wakil Dekan Dr. Mahmudi, M.Fil.I., Kaprodi TP Nuzulul Khair, MA.

Dekan Fakultas Ushuluddin memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas terselenggaranya Pembekalan Penelitian Tasawuf dan Launching Jurnal Living Sufism.

"Ini membuktikan prodi TP di bawah Pak Nuzul ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa TP," kata Dr. Fathurrosyid dalam sambutannya.

Pembekalan itu diisi dengan seminar bertajuk "Metode Etnografi dalam Penelitian Tasawuf dan Psikoterapi." Hadir sebagai narasumber, M. Afifi, M.Hum., alumni S2 Antropologi UGM Yogyakarta, dan hadir sebagai moderator Masykur Arif, M.Hum., dosen TP INSTIKA.

Menurut Kaprodi TP Nuzulul Khair, MA., seminar itu dilaksanakan untuk membekali mahasiswa yang akan melakukan penelitian tugas akhir. "Sekarang mahasiswa yang duduk di semester VII sebentar lagi akan menyetorkan proposal penelitian skripsi," jelasnya.

Berkaitan dengan itu, pihaknya mengadakan pembekalan penelitian dan seminar penelitian etnografi sebagai bekal bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian. "Siapa tahu setelah seminar ini mahasiswa jadi tertarik melakukan penelitian tasawuf dengan pendekatan etnografi," katanya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)